THIS IS ABOUT EDUCATION

MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, JANGAN LUPA COMMENT, AND SHARE. SEMOGA BERMANFAAT. TERIMAKASIH ^_^

Kamis, 10 Oktober 2019

Materi Pengembangan Instrumen Penelitian tentang Jenins Pendekatan Berdasarkan Pendekatan, Fungsi, dan Tujuan


Tugas Kelompok
Mata Kuliah Pengembangan Instrumen Penelitian

JENIS PENDEKATAN BERDASARKAN PENDEKATAN, FUNGSI, DAN TUJUAN
Tugas resume ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah:
Pengembangan Instrumen Penelitian
Dosen Pengampu: Mutmainnah, S.Pd., M.Pd.




    NURUL AMALIA ARIS /  H04 17 010
     WIDYA INDAH LESTARI ACO / H0417 017
             NURSIAH / H04 17 334
Kelas B


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULAWESI BARAT
2019




Penelitian adalah sebuah klasifikasi proses atau cara pengumpulan data yang dilakukan dengan rasional, empiris dan sitestematis yang mempunyai tujuan untuk menemukan, menggambarkan dan peninjaun fakta atau bisa untuk mencari solusi dari suatu masalah tertentu.
Adapun Jenis penelitian berdasarkan pendekatan, fungsi, dan tujuan :
1.    Jenis Penelitian Berdasarkan Pendekatan
a.     Penelitian Kuantitatif. Jenis penelitian yang bertujuan untuk menolak atau mendukung sebuah teori. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan deret ukur matematis hingga menemukan kesimpulan tertentu. Contoh: Penelitian tentang fenomena alam.
b.    Penelitian Kualitatif. Penelitian yang dilakukan dengan cara mendatangi langsung objek yang diteliti baik berupa orang atau sebuah peristiwa. Contoh: Penelitian tentang cara belajar siswa berprestasi di tingkat SMA.
c.     Penelitian Perkembangan. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui perubahan atau perkembangan objek yang sedang diteliti. Contoh: Penelitian tentang kemajuan seorang atlet dalam bidang olahraga tertentu.
2.    Jenis Penelitian Berdasarkan Fungsi
a.     Penelitian Dasar. Sebuah penelitian yang bertujuan meningkatkan pemahaman dengan prinsip dan hukum ilmiah yang dilakukan dengan cara mengembangkan konsep, prinsip, dalil dari teori yang sudah ada. Penelitian ini bukanlah untuk menemukan masalah atau solusi dari suatu peristiwa. Melainkan hanya penemuan sebuah dasar yang nantinya dapat dikembangkan lebih lanjut.
b.    Penelitian Terapan. Tindak lanjut dari penelitian dasar. Inilah penelitian menindaklanjuti, mengembangkan dan menerapkan suatu data atau teori yang dihasilkan dari penelitian dasar.
c.     Penelitian Tindakan. Penelitian tindakan adalah penerapan dari teori yang sudah ada ke dalam praktik nyata yang bertujuan memperoleh suatu dampak dari sebuah peristiwa.
d.    Penelitian Penilaian. Jenis penelitian yang bertujuan untuk memberi nilai tentang perubahan, perkembangan atau perbaikan suatu teori dalam tempo waktu tertentu.
e.     Penelitian Evaluasi. Penelitian yang dilakukan untuk mengukur sebuah teori atau data dengan cara membandingkan dengan target dan pencapaian.
f.     Penelitian Komparatif. Penelitian yang bersifat membandingkan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan perbedaan dan persamaan dua atau lebih teori atau fakta dan sifat objek yang di teliti berdasarkan aspek atau komponen tertentu.
g.    Penelitian Korelasional. Penelitian korelasional bertujuan untuk mengkaji sebuah hipotesis mengenai hubungan antarvariabel atau untuk menguji keterkaitan hubungan antara dua variabel atau lebih.
h.    Penelitian Studi Kasus. Sebuah metode penelitian yang dikhususkan untuk mengkaji seatu peristiwa yang terjadi di dalam konteks kehidupan nyata. Penelitian ini dilakukan ketika batasan-batasan antara peristiwa dan konteksnya belum jelas dengan memakai beragam sumber data.
i.      Penelitian dan Pengembangan. Sebuah rangkaian proses yang dilakukan dalam rangka mengembangkan atau menyempurnakan teori/produk baik yang sudah ada ataupun yang sama sekali baru agar lebih bermanfaat.
3.    Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuan
a.     Penelitian Eksplorasi. Definisi yang paling mudah untuk penelitian eksplorasi ialah jenis penelitian yang dilakukan untuk mengenalkan suatu gagasan atau topik baru kepada masyarakat luas, menjelaskan gambaran umum secara sederhana tentang gagasan yang akan dibahas dan pekembangan teori yang bersifat tentatif. Contoh: penilitian tentang kurikulum yang paling efektif untuk diterapkan di Indonesia.
b.    Penelitian Pengembangan. Jenis penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan teori yang sudah ada. Contoh: Penenelitian tentang tingkat keefektifan dari sistem reward dan punishment dalam sebuah perusahaan.
c.     Penelitian Verifikasi. Penelitian yang dilakukan untuk menguji keakuratan teori yang sudah ada, baik dalam bentuk dasar, prosedur, konsep ataupun prinsip dari teori it sendiri. Contoh: Penelitian tentang keterkaitan kecerdasan intelektual terhadap gaya kepemimpinan (Pamungkas Adipura : 2017, https://satujam.com/jenis-penelitian/).


Tidak ada komentar:

Materi Elektronika