THIS IS ABOUT EDUCATION

MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, JANGAN LUPA COMMENT, AND SHARE. SEMOGA BERMANFAAT. TERIMAKASIH ^_^

Kamis, 10 Oktober 2019

WAWASAN KEILMUAN, TEKNOLOGI, DAN LINGKUNGAN

NAMA            : NURUL AMALIA ARIS
NIM                : H0417010
KELAS           :FISIKA B 2017

      1.      Peran kemajuan ilmu pengetahuan dalam meningkatkan Kesejahtraan rakyat
Tuntutan terhadap pengembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi (IPTEK) saat ini semakin mengemuka. IPTEK dituntut mampu mencari berbagai alternative pemecahan masalah yang ada ditengah-tengah masyarakat dengan mengembangkan perilaku kritis, obyektif, dan rasional sehingga bisa mengetahui kebutuhan riil yang dirasakan oleh masyarakat secara langsung.
IPTEK bukanlah suatu system tersendiri yang hanya berada diruang penelitian dan laboratorium dalam sebuah menara gading yang terpisah dari masyarakat sekitarnya. Pada akhirnya, IPTEK harus mampu menjadi suluh penerang dan pedoman bagi seluruh warga masyarakat untuk bisa membawanya ke Indonesia yang gemilang. Dengan memperhatikan perkembangan dan kemajuan zaman dengan sendirinya pemanfaatan dan penguasaan IPTEK mutlak diperlukan untuk mencapai kesejahteraan bangsa.
Peran iptek dalam membangun peradaban suatu bangsa telah lama diakui secara universal,peran berbagai negara menunjukan secara jelas bahwa iptek menduduki peran sentral bagi pertumbuhan dan bagi memperkokoh daya saing utama pada arena persaingan global.
Perubahan ke empat pasal 31 ayat 5 uud 1945, yang berbunyi “pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia”, perlu kita jabarkan dan terapkan dalam program pembangunan bangsa. Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha secara sadar untuk menyelidiki,menemukan dan meningkatkan pola pikir atau pemahaman manusia secara rasional dan sistematis dari berbagai segi kenyataan dalam alam. Ilmu pengetahuan menurut kami sangat penting dalam memajukan kesejahteraan rakyat. Dapat kita lihat juga pada uu pasal 31 ayat (5) yakni “Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia”
Untuk menciptakan kesejahteraan umum khususnya untuk menanggulangi kemiskinan menempuh 2 pendekatan yaitu,pertama adalah melalui mekanisme ekonomi.Melalui pendekatan ini ,pertumbuhan ekonomi yang kuat didorong diantaranya dengan memperluas investasi dan meningkatkan belanja pemerintah.Melalui pertumbuhan ekonomi yang kuat otomatis akan terjadi perluasan kesempatan kerja.Akibatnya akan semakin banyak warga negara yang memperoleh penghasilan.Melalui mekanisme ekonomi semacam ini peningkatan kesejahteraan umum dan penurunan tingkat kemiskinan terjadi.Pendekatan kedua,yang dilakukan pemerintah dengan membuka ruang bagi intervensi positif pemerintah untuk terlibat langsung dalam ;penurunan kemiskinan melalui berbagai kebijakan.Pemerintah terus menggulirkan progran-program prorakyat atau program untuk rakyat miskin dengan jumlah yang lebih besar dan dengan persebaran yang lebih luas.
Saat ini,pemerintah membagi program bantuan untuk rakyat miskin ini kedalam 4 klaster,klaster pertama merupakan program bantuan dan perlindungan sosial diantaranya berwujud beras murah untuk masyarakat ekonomi tidak mampu(RASKIN),program keluarga harapan,bantuan operasional sekolah,dan jaminan kesehatan masyarakat atau JAMKESMAS. Klaster kedua,melalui program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri,jelasnya. Klaster ketiga,melalui kredit usaha rakyat untuk klaster keempat,yang mulai efektif pada 2012 dan dilaksanakan secara bertahap meliputi sejumlah program yaitu,rumah murah,kendaraan angkutan umum murah,air bersih untuk rakyat,listrik murah,peningkatan kehidupan nelayan,dan peningkatan kehidupan masyarakat miskin perkotaan,melalui 4 klaster itu kita berharap kebijakan ini dapat menjadi langkah trobosan yang secara fundamental.
Peran pemerintah dapat menciptakan kestabilan pasar baik dalam bentuk produksi dan distribusi contohnya dalam setiap produksi,pemerintah menentukan standar nasional indonesia bagi setiap barang yang diproduksi,pemerintah sebagai pemerataan bagi setiap harga yang ada dipasar dan bagaimanapun juga pemerintah dapat mensejahterakan rakyat secara merata,tetapi pada kenyataannya pada masa sekarang pemerintah belum maksimal dalam melaksanakan sistem yang telah dibuat.
Memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan tidak hanya terdapat pada peningkatan ilmu pengetahuan namun menyangkut seluruh aspek kehidupan yaitu,sandan pangan dan papan serta keamanan. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut,diantaranya dengan memberikan bantuan modal berupa modal usaha,beasiswa,bantuan perumahan,bantuan alat-alat perikanan pertanian serta bantuan langsung tunai(BLT)
Berbagai program dan kegiatan pembangunan telah diberikan pemerintah agar seluruh rakyat indonesia dapat hidup sejahterah.namun kenyataannya sampai saat ini masih banyak rakyat indonesia yang masih berada dibawah garis kemiskinan .Fakta dilapangan menunjukkan masih banyak dari mereka yang mendapatkan program bantuan pemerintah namun bantuan itu tidak dapat merubah nasibnya,bahkan tidah digunakan semestinya.Disinilah juga salah satu peran penting dari ilmu pengetahuan dalam memajukan kesejahteraan rakyat,bagaimana kita harus berpikir rasional untuk menggunakan bantuan dari pemerintah dengan semestinya.
Dalam pembukaan UUD 1945 dinyatakan bahwa salah satu tujuan NKRI adalah mencerdaskan kehidupan bangsa,sejalan dengan pembukaan UUD,badan tubuh konstitusi diantaranya pasal 20,pasal 21,pasal 28c ayat (1),pasal 31 dan pasal 32.juga mengamanatkan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional untuk meningkatkan kemauan dan ketakwaan kepada tuhan yang Maha Esa serta akhlak maka dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan UU.Sistem pendidikan nasional tersebut harus mampu menjamin pemerataan pendidikan,peningkatan mutu serta relevansi dan efisien manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal,nasional,dan global.untuk itu perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencanaterarah,dan berkesinambungan.
Sebagai contoh Peran Ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kesejahteraan adalah sebagai berikut :
     a.    Penyediaan pangan
Perkembangan IPTEK dalam bidang pangan dimungkinkan karena adanya pendidikan, penelitian dan pengembangan di bidang pertanian terutama dalam peningkatan produktivitas melalui penerapan varitas unggul, pemupukan, pemberantasan hama dan penyakit, pola tanaman dan pengairan. Namun di sisi lain perkembangan tersebut berdampak fatal, misalkan saja penggunaan pestisida dalam pemberantasan hama ternyata dapat menyebabkan penyakit dalam tubuh manusia.
    b.   Penyediaan Sandang
• Pada awalnya bahan sandang dihasil\\kan dari serat alam seperti kapas, sutra, woll dan lain-lain
• Perkembangan teknologi matrial polimer menghasilkan berbagai serat sintetis sebagai bahan sandang seperti rayon, polyester, nilon, dakron, tetoron dan sebagainya
• Kulit sintetik juga dapat dibuat dari polimer termoplastik sebagai bahan sepatu, tas dan lain-lain
• Teknologi pewarnaan juga berkembang seperti penggunaan zat azo dan sebagainya.
      c.       Penyediaan Papan
• Teknologi papan bersangkut paut dengan penyediaan lahan dan bidang perencanaan seperti city planning, kota satelit, kawasan pemukiman dan sebagainya yang berkaitan dengan perkembangan penduduk
• Awalnya bahan pokok untuk papan adalah kayu selanjutnya dikembangkan teknologi matrial untuk mengatasi kekurangan kayu
• Untuk mengatasi kekurangan akan lahan dikembangkan teknologi gedung bertingkat, pembentukan pulau-pulau baru, bahkan tidak menutup kemungkinan pemukiman ruang angkasa.
• Penemuan obat-obatan seperti anti biotik, vaksin dan lain-lain
• Penemuan radio aktif untuk mendeteksi penyakit secara tepat seperti  tumor dan lain-lain
• Penelitian tentang kuman-kuman penyakit dan lain-lain.
      d.      Penyediaan Energi
• Kebutuhan akan energi
• Sumber-sumber energi
• Sumber energi konvensional tak dapat diperbaharui
• Sumber energi pengganti yang tak habis pakai

    2.   Pengembangan dan penerapan teknologi
Pada jaman modern sekarang ini, banyak manusia yang membutuhkan suatu alat bantu praktis, untuk mempermudah manusia melakukan berbagai kegiatannya. Teknologi mempunyai peranan yang sangat penting untuk menunjang kemudahan itu. Dalam perekonomian suatu negara jarak dan waktu bukanlah sebuah masalah lagi, banyak berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya.
Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dinegara tersebut. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut.
Contoh :kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.Produktivitas industri semakin meningkat Investasi dan reinvestasi yang berlangsunng secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi.
Persaingan daam dunia kerja, menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.  Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan, kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja mengalami perubahan yang sangat cepat. Akibatnya pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasi pengetahuan dan skill sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang berubah.
Contoh penerapan dalam teknologi
Teknologi informasi turut mewarnai dunia perbankan, saat sekarang ini telah banyak pelaku ekonomi khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam melakukan sebuah transaksi dalam sebuah pembayaran, tetapi mereka telah memanfaatkan sebuah layanan perbankan modern. Layanan perbankan modern.
Seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada ATM di tempat tersebut. ini terjadi karena pengembangan teknologi yang sangat canggih sehingga seorang nasabah tersebut dapat melakukan kegiatan mengecek saldo dan mentrasfer uang kerekening yang lain hanya dengan hitungan menit semua transaksi dapat dilakukan.
Hal ini dapat terjadi dengan mudah karena perkembangan ilmu teknologi yang ada, sehingga memudahkan manusia untuk melakukan atau melaksanakan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan suatu negara.


Tidak ada komentar:

Materi Elektronika