MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
v Penentuan
Tokoh/Karakter Cerita
Nama
|
Peran
|
Karakter
|
Nurul Amalia Aris
|
Guru
|
Aktif
|
Rosmiati
|
Siswa
|
Aktif
|
Ema
|
Siswa
|
Pemalu
|
Madinah
|
Siswa
|
Pendiam
|
Khutubul Al-Amin
|
Siswa
|
Nakal
dan pemalas
|
Ardhan Rauf
|
Siswa
|
Cerewet
dan otak jenius
|
Akriani
|
Siswa
|
Cerdas
tapi pemalu
|
Saldi
|
Siswa
|
Aktif
|
Nursiah
|
Siswa
|
Usil dan
cerewet
|
Husniada
|
Siswa
|
Terampil
|
Sri Hardina
|
Siswa
|
Usil dan
cerewet
|
v Penentuan
Latar (Tempat Dan Waktu)
· Waktu
: Jadwal Pelajaran I – III(07.30 – 09.45)
· Tempat
: Ruangan kelas
v Penentuan
KD Dan Materi
§ Kompetensi
Dasar : 3.2 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
4.2
Melakukan percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut
presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya.
§ Materi : Elastisitas Bahan
v Perumusan
IPK (Indikator Pencapain Kompetensi) dan Tujuan Pembelajaran
IPK (Indikator Pencapain Kompetensi)
|
Tujuan
Pembelajaran
|
1. Menganalisis
sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
|
1.1
Mengetahui sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari.
1.2
Memahami karakterisitik benda elastis
dan tidak elastis
1.3
Menganalisis batas elastisitas suatu
bahan
|
2.
Mengaplikasikan tentang sifat elastisitas
bahan dalam menyesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1
Melakukan percobaan tentang sifatelastisitas suatu bahan
|
v Mengisi
Form Langkah-Langkah Pembelajaran
· Kompetensi
Dasar : 3.2 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Melakukan percobaan tentang sifat elastisitas
suatu bahan berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya.
· Topik
: Elastisitas dan Hukum Hooke
· Sub
Topik : Elastisitas Bahan
· Tujuan
Pembelajaran :1.1 Siswa mampu mengetahui sifat elastisitas bahan dalam
kehidupan
sehari-hari
1.2 Siswa mampu memahami
karakteristik benda elastis dan tidak elastis.
1.3 Siswa mampu
menganalisis batas elastisitas suatu bahan.
2.1 Siswa dapat melakukan
percoaan tentang sifat elastisitas bahan.
·
Alokasi waktu
: 1 × TM
TAHAP
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
1.
Stimulasi (stimulus/pembelajaran rangsangan)
|
·
Guru
masuk kelas dan mengucapkan salam.
·
Guru meminta kepada salah satu siswa untuk memimpin
doa belajar
·
Guru
Membagi siswa menjadi
beberapa kelompok
·
Guru
memberikan suatu permasalahan kepada peserta didik berupa
peristiwa seorang bayi yang sedang diayun menggunakan pegas -tiba pegas yang digunakan rusak. Dan guru
memberikan pertanyaan kepada peserta didik alternative apa yang dapat digunakan
untuk menggantikan pegas ayunan.
|
·
Siswa
Membalas salam dari guru
·
Siswa berdoa
sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
·
Siswa
Mengikuti arahan guru dan membagi diri menjadi beberapa kelompok.
·
Siswa
Memperhatikan dengan tenang saat guru memberikan
suatu permasalahan peristiwa seorang bayi yang sedang diayun menggunakan pegas
lalu tiba-tiba pegas yang digunakan rusak lalu mencari alternative lain.
|
20 menit
|
2. Problem
statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
|
·
Guru
memberikan kesempatan pada siswa untuk mengindentifikasi permasalahan
dari stimulus.
·
Guru mengajak setiap kelompok melakukan percobaan mengenai sifat
elastisitas bahan suatu benda.
·
Kerena alat dan bahan terbatas, guru memberikan
pertanyaan dalam lembar LKPD kepada
kelompok yang belum melakukan percobaan
·
Guru menggilir percobaan sesuai dengan nomor urut
kelompok.
|
· Setiap kelompok berdiskusi
untuk mencaritahu informasi mengenai altenative apa yang dapat digunakan untuk
menggantikan pegas ayunan yang rusak.
· Setiap
kelompok melakukan percobaan mengenai elastistas bahan suatu benda.
· Kelompok
yang belum melakukan percobaan mencari jawaban pertanyaan dari lembar LKPD
yang diberikan guru.
· Kelompok pertama yang mendapat giliran untuk
melakukan percobaan dan mengambil data percobaan. Disusul kelompok
selanjutnya.
|
15
menit
|
3. Data
Collection (Mengumpulkan data)
|
·
Guru
mengajak setiap kelompok yang belum melalukukan
percobaan mengisi pertanyaan di lembar LKPD.
Pertanyaan-Pertanyan
di LKPD :
1.
Apa itu elastisitas dari suatu benda?
2.
Bagaimana pengaruh
konstanta pegas terhadap suatu bahan elastisitas benda?
3.
Apakah suatu bahan elastisitas dapat tetap akan
kembali ke bentuk semula bila diberikan gaya yang sangat besar dari batas
elastisitas benda?
·
Setiap kelompok mengumpulkan informasi dari
berbagai sumber. Baik dari buku maupun internet.
|
· Setiap
kelompok mengisi LKPD yang diberikan guru dan
kemudian didiskusikan.
· Setiap kelompok mencari
informasi buku dan internet.
|
25
menit
|
4. Data
Proccesing (mengolah data)
|
·
Guru
memberikan waktu selama 20 menit kepada setiap kelompok untuk berdiskusi mengolah data hasil pengumpulan data
informasi dari percobaan dan mengisi lembar pertanyaan pada LKPD.
|
· Setiap kelompok
berdiskusi untuk mengolah data hasil pengumpulan informasi
dari percobaan
dan mengisi lembar sesuai pertanyaan pada
LKPD.
|
20
menit
|
5.
Verification (Verifikasian Data)
|
·
Guru
memberikan waktu kepada setiap kelompok untuk menganalisis
dan memverifikasi hasil pengolahan data percobaan dan jawaban dari LKPD.
·
Guru
menunjuk setiap perwakilan kelompok untuk kemudian membacakan hasil pengolahan
dan analisis data di depan kelas dari percobaan yang telah dilakukan.
|
· Setiap kelompok mengecek
kebenaran hasil pengolahan dan analisis data percobaan dan jawaban LKPD
yang telah dikerjakan.
· Setiap kelompok mengirim
salah satu anggota kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
|
20
menit
|
6.
Generalitation (Menarik Kesimpulan)
|
·
Guru
meminta dan menunjuk salah satu peserta didik untuk menyimpulkan
hasil pengolahan data perocbaan mengenai elastisitas bahan
suatu benda.
·
Guru
menambahkan kesimpulan peserta didik dengan lebih jelas.
|
·
Salah
satu siswa menyimpulkan hasil pengolahan data perocbaan
mengenai elastisitas bahan suatu benda.
·
Siswa
mendengarkan kesimpulan dari guru.
|
35 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar