THIS IS ABOUT EDUCATION

MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, JANGAN LUPA COMMENT, AND SHARE. SEMOGA BERMANFAAT. TERIMAKASIH ^_^

Kamis, 10 Oktober 2019

Materi Strategi Pembelajaran tentang Scenario Model Pembelajaran Discovery Learning




SCENARIO
MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

  v  Penentuan Tokoh/Karakter Cerita
Nama
Peran
Karakter
Nurul Amalia Aris
Guru
Aktif
Rosmiati
Siswa
Aktif
Ema
Siswa
Pemalu
Madinah
Siswa
Pendiam
Khutubul Al-Amin
Siswa
Nakal dan pemalas
Ardhan Rauf
Siswa
Cerewet dan otak jenius
Akriani
Siswa
Cerdas tapi pemalu
Saldi
Siswa
Aktif
Nursiah
Siswa
Usil dan cerewet
Husniada
Siswa
Terampil
Sri Hardina
Siswa
Usil dan cerewet

  v  Penentuan Latar (Tempat Dan Waktu)
                    ·     Waktu : Jadwal Pelajaran I – III(07.30 – 09.45)
·      Tempat : Ruangan kelas

  v Penentuan KD Dan Materi
§  Kompetensi Dasar : 3.2 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
4.2  Melakukan percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya.
§  Materi                    : Elastisitas Bahan
  v Perumusan IPK (Indikator Pencapain Kompetensi) dan Tujuan Pembelajaran
IPK (Indikator Pencapain Kompetensi)
Tujuan Pembelajaran
1.      Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
1.1  Mengetahui sifat elastisitas bahan  dalam kehidupan sehari-hari.
1.2  Memahami karakterisitik benda elastis dan tidak elastis
1.3  Menganalisis batas elastisitas suatu bahan
2.      Mengaplikasikan tentang sifat elastisitas bahan dalam menyesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
2.1 Melakukan percobaan tentang sifatelastisitas suatu bahan

  v  Mengisi Form Langkah-Langkah Pembelajaran
          · Kompetensi Dasar : 3.2 Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
4.2  Melakukan percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut presentasi hasil percobaan dan pemanfaatannya.
      · Topik                          : Elastisitas dan Hukum Hooke
      · Sub Topik                   : Elastisitas Bahan
      · Tujuan Pembelajaran :1.1 Siswa mampu mengetahui sifat elastisitas bahan dalam kehidupan
                                                   sehari-hari
                                                                                 1.2 Siswa mampu memahami karakteristik benda elastis dan tidak elastis.
                                                                                 1.3 Siswa mampu menganalisis batas elastisitas suatu bahan.                     
                                                                                 2.1 Siswa dapat melakukan percoaan tentang sifat elastisitas bahan.
·        Alokasi waktu           : 1 × TM
TAHAP PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
1. Stimulasi (stimulus/pembelajaran rangsangan)
         ·            Guru masuk kelas dan mengucapkan salam.
         ·            Guru meminta kepada salah satu siswa untuk memimpin doa belajar
         ·            Guru Membagi siswa menjadi beberapa kelompok
         ·            Guru memberikan suatu permasalahan kepada peserta didik berupa peristiwa seorang bayi yang sedang diayun menggunakan pegas  -tiba pegas yang digunakan rusak. Dan guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik alternative apa yang dapat digunakan untuk menggantikan pegas ayunan.  
·       Siswa Membalas salam dari guru
·       Siswa berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
·       Siswa Mengikuti arahan guru dan membagi diri menjadi beberapa kelompok.
·       Siswa Memperhatikan dengan tenang saat guru memberikan suatu permasalahan peristiwa seorang bayi yang sedang diayun menggunakan pegas lalu tiba-tiba pegas yang digunakan rusak lalu mencari alternative lain.
20 menit
2. Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
         ·            Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mengindentifikasi permasalahan dari stimulus.
         ·            Guru mengajak setiap kelompok  melakukan percobaan mengenai sifat elastisitas bahan suatu benda.
         ·            Kerena alat dan bahan terbatas, guru memberikan pertanyaan dalam lembar LKPD kepada  kelompok yang belum melakukan percobaan
         ·            Guru menggilir percobaan sesuai dengan nomor urut kelompok.
   ·     Setiap kelompok berdiskusi untuk mencaritahu informasi mengenai altenative apa yang dapat digunakan untuk menggantikan pegas ayunan yang rusak.
   ·     Setiap kelompok melakukan percobaan mengenai elastistas bahan suatu benda.
   ·     Kelompok yang belum melakukan percobaan mencari jawaban pertanyaan dari lembar LKPD yang diberikan guru.
   ·     Kelompok  pertama yang mendapat giliran untuk melakukan percobaan dan mengambil data percobaan. Disusul kelompok selanjutnya.

15 menit
3. Data Collection (Mengumpulkan data)
         ·            Guru mengajak setiap kelompok yang belum melalukukan percobaan mengisi pertanyaan di lembar LKPD.
Pertanyaan-Pertanyan di LKPD :
1.       Apa itu elastisitas dari suatu benda?
2.       Bagaimana pengaruh  konstanta pegas terhadap suatu bahan elastisitas benda?
3.       Apakah suatu bahan elastisitas dapat tetap akan kembali ke bentuk semula bila diberikan gaya yang sangat besar dari batas elastisitas benda?
         ·            Setiap kelompok mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Baik dari buku maupun internet.
   ·     Setiap kelompok  mengisi LKPD yang diberikan guru dan kemudian didiskusikan.
   ·     Setiap kelompok mencari informasi buku dan internet.
25
menit
4. Data Proccesing (mengolah data)
         ·            Guru memberikan waktu selama 20 menit  kepada setiap kelompok untuk berdiskusi  mengolah data hasil pengumpulan data informasi dari percobaan dan mengisi lembar pertanyaan pada LKPD.

   ·     Setiap kelompok berdiskusi untuk mengolah data hasil pengumpulan informasi dari percobaan dan mengisi lembar sesuai pertanyaan pada LKPD.
20
menit
5. Verification (Verifikasian Data)
         ·            Guru memberikan waktu kepada setiap kelompok untuk menganalisis dan memverifikasi hasil pengolahan data percobaan dan jawaban dari LKPD.
         ·            Guru menunjuk setiap perwakilan kelompok untuk kemudian membacakan hasil pengolahan dan analisis data di depan kelas dari percobaan yang telah dilakukan.

   ·     Setiap kelompok mengecek kebenaran hasil pengolahan dan analisis data percobaan dan jawaban LKPD yang telah dikerjakan.
   ·     Setiap kelompok mengirim salah satu anggota kelompok  untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
20
menit
6. Generalitation (Menarik Kesimpulan)
         ·            Guru meminta dan menunjuk salah satu peserta didik untuk menyimpulkan hasil pengolahan data perocbaan mengenai elastisitas bahan suatu benda.
         ·            Guru menambahkan kesimpulan peserta didik dengan lebih jelas.
·      Salah satu siswa menyimpulkan hasil pengolahan data perocbaan mengenai elastisitas bahan suatu benda.
·      Siswa mendengarkan kesimpulan dari guru.
35 menit




Tidak ada komentar:

Materi Elektronika