THIS IS ABOUT EDUCATION

MOHON MAAF JIKA ADA KESALAHAN DALAM PENULISAN, JANGAN LUPA COMMENT, AND SHARE. SEMOGA BERMANFAAT. TERIMAKASIH ^_^

Kamis, 10 Oktober 2019

Asesmen tentang Laporan Hasil Analisis Pengujian Instrumen Tes


Tugas Individu
Mata Kuliah Asesmen Pembelajaran Fisika

LAPORAN HASIL ANALISIS PENGUJIAN INSTRUMEN TES



 

 NURUL AMALIA ARIS
H04 17 010
Kelas B



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SULAWESI BARAT
2019


PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES
1.        Mengembangkan spesifikasi tes
Spesifikasi tes merupakan suatu uraian yang menunjukkan keseluruhan kualitas tes dan ciri-ciri yang harus dimiliki oleh tes yang akan dikembangkan. Pengembangan spesifikasi merupakan langkah awal yang menentukan dalam pengembangan perangkat tes, karena apa yang menentukan pada langkah-langkah berikutnya sudah dirancangkan dalam spesifikasi tes. Dalam mengembangkan spesifikasi tes kognitif, terdapat beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan, di antaranya:
a.    Subjek
Satuan Pendidikan      :           SMA NEGERI 1 TINAMBUNG
Kelas/Semester            :           X Mia 4/ Genap
b.    Tujuan
Tujuannya adalah untuk menguji validasi soal, rehabilitas soal, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal.
c.    Tipe soal
Tipe soal yang di buat dan di uji adalah tes obyektif (pilihan ganda).
d.    Materi
Hukum Newton Tentang Gravitasi
e.    Jumlah soal
20 butir soal
f.     Kisi-kisi Tes
1)   Kisi-kisi Derajat Prioritas
KD
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Aspek Yang Diukur Kognitif
Total Item
C1
 C2
 C3
C4
3.7
1
1.1
3
0
0
0
1.2
1
3
0
0
2
2.1
1
0
3
0
3
3.1
1
3
0
0
3.2
0
0
1
3
4
4.1
0
1
3
0
Total
6
7
7
3
23

Keterangan:
KD  = Kompetensi Dasar
Angka pada kolom aspek pikir:
                    3 = sangat penting
                    2 = penting
                    1 = kurang penting
                    0 = tidak penting

Perbandingan aspek pikir
Mengingat       : Memahami  : Mengaplikasikan       : Menganalisis
   (C1)                     (C2)                     (C3)                       (C4)
=          6          :          7           :             7                    :          3
Bobot masig-masing aspek pikir adalah
-          Aspek mengingat             = (6/23) x 100% = 26%
-          Aspek memahami             = (7/23) x 100% = 30%
-          Aspek mengaplikasikan    = (7/23) x 100% = 30%
-          Aspek Menganalisis         = (3/23) x 100% = 14%
 100%
2)   Kisi-kisi derajat prioritas untuk memperoleh jumlah soal setiap aspek pikir dan KI-KD
KD
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Aspek Yang DiukurKognitif
Total Item
C1
(26%)
 C2
(30%)
 C3
(30%)
C4
(14%)
3.7
1
1.1 (10%)
2
0
0
0
2
1.2 (20%)
1
3
0
0
4
2
2.1 (20%)
1
0
3
0
4
3
3.1 (15%)
1
2
0
0
3
3.2 (20%)
0
0
1
3
4
4
4.1 (15%)
0
1
2
0
3
Total
5
6
6
3
20


3)   Kisi-kisi rekapitulasi soal
KD
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Aspek Yang DiukurKognitif
Total Item
C1
(26%)
 C2
(30%)
 C3
(30%)
C4
(14%)
3.7
1
1.1 (10%)
1,2
...
...
...
2
1.2 (20%)
3
4,5,6
...
...
4
2
2.1 (20%)
7
...
8,9,10
...
4
3
3.1 (15%)
11
12,13
...
...
3
3.2 (20%)
...
...
14
15,16,17
4
4
4.1 (15%)
...
18
19,20
...
3
Total
5
6
6
3
20

2.      Rumusan soal
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis interaksi pada gaya serta hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator:
1.         Mengidentifikasi bunyi hukum Newton .
2.         Menerapkan konsep-konsep dasar dalam hukum-hukum Newton.
3.         Menganalisis contoh-contoh hukum Newton yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.         Mengaplikasikan hukum 2 Newton dan penerapannya mengenai massa dan percepatan benda dalam gerak lurus.

Tujuan Pembelajaran :
1.1 Menyebutkan bunyi hukum Newton.
1.2 Menjelaskan perbedaan bunyi hukum Newton.
2.1 Mengaplikasikan persamaan bunyi hukum Newton.
3.1 Memahami penerapan hukum newton dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Menganalisis contoh peristiwa yang berhubungan dengan hukum Newton.
4.1 Menggunakaan persamaan hukum 2 newton untuk menetukan percepatan suatu benda.

3.        Merakit Soal
             a.     Soal yang dianggap baik dapat diterima
-          Nomor soal : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20.
             b.    Soal yang kurang baik, tetapi dapat direvisi
-          Tidak ada 
             c.     Soal yang tidak baik ditolak
-          Tidak ada

4.        Analisa Butir Tes
a.    Validitas Instrumen
-       Valid Sangat Tinggi            : -
-       Valid Tinggi                       : -
-       Valid Sedang                      : -
-       Valid Rendah                     : 4, 9
-       Valid Sangat Rendah         : 1, 2, 3, 7, 8, 10, 11, 12, 13, 15, 16, 17, 18,
  20.
-       Tidak Valid                        : 5, 6
-       Tidak Terdefenisi               : 14, 19
b.    Realibilitas Instrumen
-          Tinggi
c.    Tingkat Kesukaran Soal
-       Soal Sukar                          : 3, 4, 5, 6, 14, 19.
-       Soal Sedang                       : 2, 9, 18, 20.
-       Soal Mudah                                    : 1, 7, 8, 10, 11, 12, 13, 15, 16, 17.
d.    Daya Pembeda
-       Sangat Baik                                    : 2, 4, 7, 8, 9, 10, 12, 13, 17, 18.
-       Baik                                    : -
-       Cukup                                 : -
-       Tidak Baik                          : 1, 3, 5, 6, 11, 14, 15, 16, 19, 20.
5.        Seleksi Dan Perakitan Soal
Berdasarkan hasil analisis butir soal, ada  4 nomor soal yang memenuhi  salah satu dari 4 kriteria yang telah ditentukan (kriteria validitas minimal sedang, realibilitas minimal sedang, tingkat kesukaran soal sedang, dan daya pembedanya minimal cukup). Jadi soal yang dapat digunakan untuk pengambilan data di lapangan sebenarnya adalah soal nomor 2, 9, 18, dan 20.

6.        Kesimpulan
Setelah melakukan analisis terhadap kualitas instrumen tes bentuk  tes objektif mata pelajaran Fisika semester ganjil di Sma Negeri 1 Tinambung dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil tes tentang analisis instrumen adalah memiliki  kualitas nilai “cukup”. Hal ini ditunjukkan hasil penelitian yang saya lakukan , terutama ditinjau oleh segi – segi berikut.
Pertama ditinjau dari segi validitas itemnya ( 100% ) soal sesuai dengan isi kurikulum, dari 20 butir soal tes bentuk pilihan ganda yang diselenggarakan di SMAN 1 Tinambung, soal sebanyak 0 butir soal yang dinyatakan valid dan 20 butir soal yang dinyatakan tidak valid. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa data tersebut mempunyai validitas “tidak valid“. Dan dilihat dari segi realibilitas item, diperoleh koefisien (r11) sebesar 0,727606875 dengan demikian bahwa tes tersebut mempunyai reliabilitas “Tinggi”.
Kedua dilihat dari segi tingkat kesukaran item, diperoleh informasi bahwa pada tes tersebut terdapat 30% butir soal dalam kategori soal sukar, 20% butir soal sedang dan 50% yang termasuk dalam kategori mudah. Berdasarkan hasil presentase tersebut dapat dinyatakan, bahwa tes tersebut mempunyai tingkat kesukaran yang “mudah”. Dan dilihat dari segi daya pembeda item tes, berdasarkan hasil analisa terhadap daya  pembeda item tes dapat diperoleh informasi bahwa dalam tes tersebut terdapat 50% butir soal memiliki daya pembeda sangat baik, 0% butir soal memiliki daya pembeda baik, 0% memiliki daya pembeda cukup baik dan 50% butir soal memiliki daya pembeda tidak baik. Berdasarkan persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa daya pembeda tes tersebut mempunyai daya pembeda yang “sangat baik”.



LAMPIRAN SOAL
1.    Hukum gerak  Newton dapat menjelaskan semua aspek tentang…
A.       Kehidupan manusia
B.       Gerak benda
C.       Gerak penari
D.       Kehidupan tumbuhan
E.        Kehidupan makhluk hidup

2.    Hukum I Newton menyatakan bahwa...
A.       Benda diamkan tetap diam dan benda bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap jika tidak ada gaya yang mempengaruhinya.
B.       Benda diamkan tetap diam dan benda bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan berubah jika tidak ada gaya yang mempengaruhinya.
C.       Benda diamkan akan bergerak dan benda bergerak akan diam dengan kecepatan tetap jika tidak ada gaya yang mempengaruhinya.
D.       Benda diamkan akan bergerak dan benda bergerak akan diam dengan kecepatan berubah jika ada gaya yang mempengaruhinya.
E.        Benda diamkan tetap diam dan benda bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap jika ada gaya yang mempengaruhinya.

3.    Perhatikan kalimat di bawah ini :
1)        Gaya berbanding terbalik dengan massa
2)        Resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan nol
3)        Gaya Aksi akan memberikan gaya reaksi
Yang termasuk ciri-ciri hukum 2 Newton adalah...
A.       (1)
B.       (1) dan (2)
C.       (1), (2), dan (3)
D.       (2)
E.        Tidak Ada

4.    Hukum III Newton adalah
1)        Benda yang bergerak akan diam
2)        Benda yang diam akan bergerak
3)        Percepatan benda dipengaruhi oleh gaya
4)        gaya aksi akan menimbulkan gaya reaksi
Pernyataan yang benar adalah ...
A.       (1), (2), dan (3)  
B.       (1) dan (3)         
C.       (2) dan (4)
D.       (4)
E.        (1), (2), (3), dan (4)

5.    Sebuah benda diam ditarik oleh 3 gaya seperti gambar.

           
Berdasarkan gambar diatas, diketahui :
1)        Percepatan benda nol
2)        Benda bergerak lurus beraturan
3)        Benda dalam keadaan diam
4)        Benda akan bergerak jika berat lebih kecil dari gaya tariknya
Pertanyaan yang benar adalah...
A.       (1) dan (2) saja
B.       (1)dan (3) saja
C.       (1) dan (4) saja
D.       (1), (2), dan (3)saja
E.        (1), (2), (3), dan (4)

6.    Dibawah ini merupakan gaya-gaya yang mengenai suatu benda
1)        Gaya berat dan gaya normal
2)        Gaya tarik benda dan gaya tarik bumi
3)        Gaya tekan benda pada meja dan gaya tekan pada meja ke benda.
Yang temasuk gaya asi reaksi adalah...
A.      (1) saja
B.       (2) saja
C.       (1) dan (2)
D.      (2) dan (3)
E.       (1), (2), dan (3)

7.    Hukum II Newton menyatakan bahwa gaya sama dengan massa kali...
A.      Kecepatan
B.       Berat
C.       Percepatan
D.      Inersia
E.       Sentrifugal

8.    Pada hukum  I  Newton menyatakan bahwa ...
A.  
B.   
C.   
D.  
E.   

9.        Suatu benda yang memiliki massa 10 kg bergerak dengan percepatan 2 m/s2. Berapakah besar gaya yang bekerja pada benda terebut?
A.       5 N
B.       10 N
C.       15 N
D.       20 N
E.        25 N


10.    Seorang anak memiliki massa 20 kg. Dimasukan kedalam sebuah lift dan lift tersebut bergerak dengan percepatan 3 m/s2. Jika gravitasi bumi 10 m/s2, berapa berat sianak saat lift bergerak?
A.       260 N
B.       300 N
C.       355 N
D.       375 N
E.        389 N

11.    Seorang anak dengan massa 80 kg berdiri di dalam lift dan naik dengan percepatan 3 m / s ^ 2. Berapakah gaya resultan yang bekerja pada anak laki-laki karena gerakan lift?
A.       180 N
B.       200 N
C.       230 N
D.       260 N
E.        300 N

12.    Ketika kita naik kendaraan, kemudian kendaraan di rem mendadak, tubuh kita akan terdorong ke depan. Peristiwa ini menunjukkan...
A.       Hukum I Newton
B.       Hukum II Newton
C.       Hukum III Newton
D.       Hukum aksi – reaksi
E.        Hukum kesetimbangan benda

13.    Hukum II Newton yang berbunyi percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya. Maka dalam ini penerapan yang sesuai dengan bunyi hukum II Newton tersebut adalah...
A.       Ayunan bandul sederhana
B.       Koin yang berda diatas kertas di meja akan tetap disana ketika ditarik secara cepat
C.       Mendorong gerobak sampah yang terisi penuh
D.       Mendorong tembok
E.        Mobil yang sedang bergerak tiba-tiba direm secara mendadak

14.    Peristiwa yang berhubungan dengan Hukum I Newton berikut adalah...
A.       Ketika modil digas, badan kita terdorong ke belakang
B.       Penerjun payung bergerak ke bawah
C.       Sebuah mobil direm sehingga menjadi berhenti
D.       Berat astronot di bulan lebih kecil daripada beratnya di bumi
E.        Seorang mendorong tembok akan tetapi tembaok tidak dapat begerak

15.    Dua buah gaya bekerja pada sebuah balok dengan arah yang berlawanan  yang massanya 2 kg. Jika F1 = 10 N (ke kiri) dan F2 = 30 N (ke kanan), berapkah percepatan balok tersebut?
A.       5 m/s2 ke kanan
B.       5 m/s2 ke kiri
C.       6 m/s2 ke kanan
D.       6 m/s2 ke kiri
E.        7 m/s2 ke kanan

16.    Dhania menarik beban dengan bantuan katrol seperti pada gambar (a) di bawah ini. Pada saat gaya yang diberikan F = 125 N ternyata beban dapat terangkat dengan kecepatan tetap. g = 10 m/s2. Jika gaya gesek katrol dan massa tali dapat diabaikan maka berapakah massa beban tersebut?
              A.      12,4 kg
              B.      12,5 kg
              C.      12, 6 kg
              D.      12,7 kg
              E.       12, 8 kg

17.    Tatik menimbang berat benda dengan menggunakan suatu neraca pegas dalam sebuah lift. Sebelum lift bergerak, pembacaan skala menunjukan 50 N. Lift bergerak ke bawah dan kemudian berhenti. Bacaan pada skala : 
              A.     50 N dalam keseluruhan geraknya
              B.      lebih dari 50 N ketika lift mulai bergerak, dan tetap sampai lift berhenti.
              C.      lebih kecil dari 50 N ketika lift mulai bergerak, dan tetap sampai lift berhenti.
              D.     lebih dari 50 N ketika lift mulai bergerak, dan lebih kecil dari 50 N ketika lift akan berhenti.
              E.      lebih kecil dari 50 N ketika lift mulai bergerak, dan lebih besar dari 50 N ketika lift akan
                    berhenti.

18.    Gaya (f) sebesar 12 n bekerja pada sebuah benda yang massanya m1 menyebabkan percepatan m1 sebesar 8 ms-2. Jika f bekerja pada benda yang bermassa m2 maka percepatan yang ditimbulkannya adalah 2 ms-2. Jika f bekerja pada benda yang bermassa m1 + m2, maka percepatan benda ini adalah :
           A.    1,2 ms-2
           B.    1,6 ms-2
           C.   2,4 ms-2
           D.   3,0 ms-2
           E.    3,6 ms-2

19.    Sewaktu berada dalam lift yang diam berat Sandi adalah 500 N. percepatan gravitasi = 10 m/s2 . Sewaktu lift dipercepat, berat sandi menjadi 750 N. dengan demikian percepatan lift adalah :
              A.    5,0 ms-2
              B.     7,5 ms-2
              C.     10,0 ms-2
              D.    12,5 ms-2
              E.     15,0 ms-2

20.  Balok A bermassa 4 kg diletakkan di ata baok B yang bermassa 6 kg. Kemudian balok B ditarik dengan gaya F di atas lantai mendasar licin sehingga gabungan balok itu mengalami percepatan 1,8 m/s2. Jikatiba-tiba balok A terjatuh maka berapakah percepatan yang dialami oleh balok B saja?
             A.    1 m/s2
             B.     2,2 m/s2
             C.     2,5 m/s2
             D.    2,7 m/s2
             E.     3 m/s2

Kunci Jawaban
1
B
11
D
2
A
12
A
3
A
13
A
4
D
14
A
5
A
15
A
6
B
16
B
7
C
17
B
8
E
18
D
9
D
19
B
10
A
20
E






Materi Elektronika