Tugas
Individu
Mata
Kuliah Asesmen Pembelajaran Fisika
LAPORAN
HASIL ANALISIS PENGUJIAN INSTRUMEN TES
NURUL
AMALIA ARIS
H04 17
010
Kelas
B
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SULAWESI BARAT
2019
PENGEMBANGAN
INSTRUMEN TES
1.
Mengembangkan
spesifikasi tes
Spesifikasi
tes merupakan suatu uraian yang menunjukkan keseluruhan kualitas tes dan
ciri-ciri yang harus dimiliki oleh tes yang akan dikembangkan. Pengembangan spesifikasi
merupakan langkah awal yang menentukan dalam pengembangan perangkat tes, karena
apa yang menentukan pada langkah-langkah berikutnya sudah dirancangkan dalam
spesifikasi tes. Dalam mengembangkan spesifikasi tes kognitif, terdapat
beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan, di antaranya:
a.
Subjek
Satuan Pendidikan : SMA
NEGERI 1 TINAMBUNG
Kelas/Semester : X
Mia 4/ Genap
b.
Tujuan
Tujuannya adalah untuk menguji validasi
soal, rehabilitas soal, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal.
c.
Tipe soal
Tipe
soal yang di buat dan di uji adalah tes obyektif (pilihan ganda).
d.
Materi
Hukum
Newton Tentang Gravitasi
e.
Jumlah soal
20
butir soal
f.
Kisi-kisi Tes
1)
Kisi-kisi Derajat Prioritas
KD
|
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran
|
Aspek Yang Diukur Kognitif
|
Total Item
|
|||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
||||
3.7
|
1
|
1.1
|
3
|
0
|
0
|
0
|
|
1.2
|
1
|
3
|
0
|
0
|
|||
2
|
2.1
|
1
|
0
|
3
|
0
|
||
3
|
3.1
|
1
|
3
|
0
|
0
|
||
3.2
|
0
|
0
|
1
|
3
|
|||
4
|
4.1
|
0
|
1
|
3
|
0
|
||
Total
|
6
|
7
|
7
|
3
|
23
|
Keterangan:
KD = Kompetensi Dasar
Angka pada kolom
aspek pikir:
3 = sangat penting
2 = penting
1 = kurang penting
0 = tidak penting
Perbandingan aspek
pikir
Mengingat : Memahami : Mengaplikasikan : Menganalisis
(C1) (C2) (C3) (C4)
= 6 : 7 : 7 :
3
Bobot masig-masing
aspek pikir adalah
-
Aspek mengingat = (6/23) x 100% = 26%
-
Aspek memahami = (7/23) x 100% = 30%
-
Aspek mengaplikasikan = (7/23) x 100% = 30%
-
Aspek Menganalisis = (3/23) x 100% = 14%
100%
2)
Kisi-kisi derajat prioritas
untuk memperoleh jumlah soal setiap aspek pikir dan KI-KD
KD
|
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran
|
Aspek Yang DiukurKognitif
|
Total Item
|
|||
C1
(26%)
|
C2
(30%)
|
C3
(30%)
|
C4
(14%)
|
||||
3.7
|
1
|
1.1 (10%)
|
2
|
0
|
0
|
0
|
2
|
1.2 (20%)
|
1
|
3
|
0
|
0
|
4
|
||
2
|
2.1 (20%)
|
1
|
0
|
3
|
0
|
4
|
|
3
|
3.1 (15%)
|
1
|
2
|
0
|
0
|
3
|
|
3.2 (20%)
|
0
|
0
|
1
|
3
|
4
|
||
4
|
4.1 (15%)
|
0
|
1
|
2
|
0
|
3
|
|
Total
|
5
|
6
|
6
|
3
|
20
|
3) Kisi-kisi rekapitulasi soal
KD
|
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran
|
Aspek Yang DiukurKognitif
|
Total Item
|
|||
C1
(26%)
|
C2
(30%)
|
C3
(30%)
|
C4
(14%)
|
||||
3.7
|
1
|
1.1 (10%)
|
1,2
|
...
|
...
|
...
|
2
|
1.2 (20%)
|
3
|
4,5,6
|
...
|
...
|
4
|
||
2
|
2.1 (20%)
|
7
|
...
|
8,9,10
|
...
|
4
|
|
3
|
3.1 (15%)
|
11
|
12,13
|
...
|
...
|
3
|
|
3.2 (20%)
|
...
|
...
|
14
|
15,16,17
|
4
|
||
4
|
4.1 (15%)
|
...
|
18
|
19,20
|
...
|
3
|
|
Total
|
5
|
6
|
6
|
3
|
20
|
2.
Rumusan soal
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis interaksi
pada gaya serta hubungan antara gaya, massa dan gerak lurus benda serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
1.
Mengidentifikasi bunyi hukum Newton .
2.
Menerapkan konsep-konsep dasar dalam hukum-hukum Newton.
3.
Menganalisis contoh-contoh hukum Newton yang berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari.
4.
Mengaplikasikan hukum 2 Newton dan penerapannya mengenai massa dan
percepatan benda dalam gerak lurus.
Tujuan Pembelajaran :
1.1 Menyebutkan
bunyi hukum Newton.
1.2 Menjelaskan
perbedaan bunyi hukum Newton.
2.1 Mengaplikasikan
persamaan bunyi hukum Newton.
3.1 Memahami
penerapan hukum newton dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Menganalisis
contoh peristiwa yang berhubungan dengan hukum Newton.
4.1 Menggunakaan
persamaan hukum 2 newton untuk menetukan percepatan suatu benda.
3.
Merakit Soal
a.
Soal yang dianggap baik dapat
diterima
-
Nomor soal : 1, 2, 3, 4, 5, 6,
7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20.
b.
Soal yang kurang baik, tetapi
dapat direvisi
-
Tidak ada
c.
Soal yang tidak baik ditolak
-
Tidak ada
4.
Analisa Butir Tes
a.
Validitas Instrumen
- Valid Sangat Tinggi :
-
- Valid Tinggi :
-
- Valid Sedang :
-
- Valid Rendah :
4, 9
- Valid Sangat Rendah : 1,
2, 3, 7, 8, 10, 11, 12, 13, 15, 16, 17, 18,
20.
- Tidak Valid :
5, 6
- Tidak Terdefenisi :
14, 19
b.
Realibilitas Instrumen
-
Tinggi
c.
Tingkat Kesukaran Soal
- Soal Sukar :
3, 4, 5, 6, 14, 19.
- Soal Sedang :
2, 9, 18, 20.
- Soal Mudah :
1, 7, 8, 10, 11, 12, 13, 15, 16, 17.
d.
Daya Pembeda
- Sangat Baik :
2, 4, 7, 8, 9, 10, 12, 13, 17, 18.
- Baik :
-
- Cukup :
-
- Tidak Baik :
1, 3, 5, 6, 11, 14, 15, 16, 19, 20.
5.
Seleksi Dan Perakitan Soal
Berdasarkan
hasil analisis butir soal, ada 4 nomor
soal yang memenuhi salah satu dari 4
kriteria yang telah ditentukan (kriteria
validitas minimal sedang, realibilitas minimal sedang, tingkat kesukaran soal
sedang, dan daya pembedanya minimal cukup). Jadi soal yang dapat
digunakan untuk pengambilan data di lapangan sebenarnya adalah soal nomor 2, 9,
18, dan 20.
6.
Kesimpulan
Setelah melakukan analisis terhadap kualitas instrumen tes bentuk tes objektif mata pelajaran Fisika semester
ganjil di Sma Negeri 1 Tinambung dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil tes
tentang analisis instrumen adalah memiliki
kualitas nilai “cukup”. Hal ini ditunjukkan hasil penelitian yang saya lakukan , terutama
ditinjau oleh segi – segi berikut.
Pertama
ditinjau dari segi validitas itemnya ( 100% ) soal sesuai dengan isi kurikulum,
dari 20 butir soal tes bentuk pilihan ganda yang diselenggarakan di SMAN 1
Tinambung, soal sebanyak 0 butir soal yang dinyatakan valid dan 20 butir soal
yang dinyatakan tidak valid. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa data
tersebut mempunyai validitas “tidak valid“. Dan dilihat dari segi realibilitas
item, diperoleh koefisien (r11) sebesar 0,727606875 dengan demikian bahwa tes
tersebut mempunyai reliabilitas “Tinggi”.
Kedua
dilihat dari segi tingkat kesukaran item, diperoleh informasi bahwa pada tes
tersebut terdapat 30% butir soal dalam kategori soal sukar, 20% butir soal
sedang dan 50% yang termasuk dalam kategori mudah. Berdasarkan hasil presentase
tersebut dapat dinyatakan, bahwa tes tersebut mempunyai tingkat kesukaran yang
“mudah”. Dan dilihat dari segi daya pembeda item tes, berdasarkan hasil analisa
terhadap daya pembeda item tes dapat
diperoleh informasi bahwa dalam tes tersebut terdapat 50% butir soal memiliki
daya pembeda sangat baik, 0% butir soal memiliki daya pembeda baik, 0% memiliki
daya pembeda cukup baik dan 50% butir soal memiliki daya pembeda tidak baik.
Berdasarkan persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa
daya pembeda tes tersebut mempunyai daya pembeda yang “sangat baik”.
LAMPIRAN
SOAL
1. Hukum gerak Newton dapat menjelaskan
semua aspek tentang…
A. Kehidupan manusia
B. Gerak benda
C. Gerak penari
D. Kehidupan tumbuhan
E.
Kehidupan makhluk hidup
2. Hukum I Newton menyatakan bahwa...
A. Benda diamkan tetap diam dan benda bergerak akan tetap bergerak dengan
kecepatan tetap jika tidak ada gaya yang mempengaruhinya.
B. Benda diamkan tetap diam dan benda bergerak akan tetap bergerak dengan
kecepatan berubah jika tidak ada gaya yang mempengaruhinya.
C. Benda diamkan akan bergerak dan benda bergerak akan diam dengan kecepatan
tetap jika tidak ada gaya yang mempengaruhinya.
D. Benda diamkan akan bergerak dan benda bergerak akan diam dengan kecepatan
berubah jika ada gaya yang mempengaruhinya.
E.
Benda diamkan tetap diam dan benda bergerak
akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap jika ada gaya yang mempengaruhinya.
3.
Perhatikan kalimat di bawah ini :
1)
Gaya berbanding terbalik dengan massa
2)
Resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan nol
3)
Gaya Aksi akan memberikan gaya reaksi
Yang termasuk ciri-ciri hukum 2 Newton
adalah...
A.
(1)
B.
(1) dan (2)
C.
(1), (2), dan (3)
D.
(2)
E.
Tidak Ada
4.
Hukum III Newton adalah
1)
Benda yang bergerak akan diam
2)
Benda yang diam akan bergerak
3)
Percepatan benda dipengaruhi
oleh gaya
4)
gaya aksi akan
menimbulkan gaya reaksi
Pernyataan yang benar adalah ...
A.
(1), (2), dan (3)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (4)
D.
(4)
E.
(1), (2), (3), dan (4)
5.
Sebuah benda diam ditarik oleh 3 gaya seperti
gambar.
Berdasarkan gambar diatas, diketahui
:
1)
Percepatan benda nol
2)
Benda bergerak lurus beraturan
3)
Benda dalam keadaan diam
4)
Benda akan bergerak jika berat
lebih kecil dari gaya tariknya
Pertanyaan yang benar adalah...
A.
(1) dan (2) saja
B.
(1)dan (3) saja
C.
(1) dan (4) saja
D.
(1), (2), dan (3)saja
E.
(1), (2), (3), dan (4)
6.
Dibawah ini merupakan gaya-gaya
yang mengenai suatu benda
1)
Gaya berat dan gaya normal
2)
Gaya tarik benda dan gaya tarik
bumi
3)
Gaya tekan benda pada meja dan
gaya tekan pada meja ke benda.
Yang temasuk gaya
asi reaksi adalah...
A.
(1) saja
B.
(2) saja
C.
(1) dan (2)
D.
(2) dan (3)
E.
(1), (2), dan (3)
7.
Hukum II Newton menyatakan
bahwa gaya sama dengan massa kali...
A.
Kecepatan
B.
Berat
C.
Percepatan
D.
Inersia
E.
Sentrifugal
8.
Pada hukum I
Newton menyatakan bahwa ...
A.
B.
C.
D.
E.
9.
Suatu benda yang memiliki massa 10 kg bergerak dengan percepatan 2
m/s2. Berapakah besar gaya yang bekerja pada benda terebut?
A.
5 N
B.
10 N
C.
15 N
D.
20 N
E.
25 N
10.
Seorang anak memiliki massa 20
kg. Dimasukan kedalam sebuah lift dan lift tersebut bergerak dengan percepatan
3 m/s2. Jika gravitasi bumi 10 m/s2, berapa berat sianak saat lift bergerak?
A.
260 N
B.
300 N
C.
355 N
D.
375 N
E.
389 N
11.
Seorang anak dengan massa 80 kg
berdiri di dalam lift dan naik dengan percepatan 3 m / s ^ 2. Berapakah gaya resultan
yang bekerja pada anak laki-laki karena gerakan lift?
A.
180 N
B.
200 N
C.
230 N
D.
260 N
E.
300 N
12.
Ketika kita naik kendaraan,
kemudian kendaraan di rem mendadak, tubuh kita akan terdorong ke depan.
Peristiwa ini menunjukkan...
A.
Hukum I Newton
B.
Hukum II Newton
C.
Hukum III Newton
D.
Hukum aksi – reaksi
E.
Hukum kesetimbangan benda
13.
Hukum II Newton yang berbunyi
percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya)
yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya. Maka
dalam ini penerapan yang sesuai dengan bunyi hukum II Newton tersebut adalah...
A.
Ayunan bandul sederhana
B.
Koin yang berda diatas kertas
di meja akan tetap disana ketika ditarik secara cepat
C.
Mendorong gerobak sampah yang
terisi penuh
D.
Mendorong tembok
E.
Mobil yang sedang bergerak
tiba-tiba direm secara mendadak
14.
Peristiwa yang berhubungan
dengan Hukum I Newton berikut adalah...
A.
Ketika modil digas, badan kita
terdorong ke belakang
B.
Penerjun payung bergerak ke
bawah
C.
Sebuah mobil direm sehingga
menjadi berhenti
D.
Berat astronot di bulan lebih
kecil daripada beratnya di bumi
E.
Seorang mendorong tembok akan
tetapi tembaok tidak dapat begerak
15.
Dua buah gaya bekerja pada
sebuah balok dengan arah yang berlawanan
yang massanya 2 kg. Jika F1 = 10 N (ke kiri) dan F2 = 30 N (ke kanan),
berapkah percepatan balok tersebut?
A.
5 m/s2 ke kanan
B.
5 m/s2 ke kiri
C.
6 m/s2 ke kanan
D.
6 m/s2 ke kiri
E.
7 m/s2 ke kanan
16.
Dhania menarik beban dengan
bantuan katrol seperti pada gambar (a) di bawah ini. Pada saat gaya yang
diberikan F = 125 N ternyata beban dapat terangkat dengan kecepatan tetap. g =
10 m/s2. Jika gaya gesek katrol dan massa tali dapat diabaikan maka berapakah
massa beban tersebut?
A.
12,4 kg
B.
12,5 kg
C.
12, 6 kg
D.
12,7 kg
E.
12, 8 kg
17. Tatik menimbang berat benda dengan menggunakan
suatu neraca pegas dalam sebuah lift. Sebelum lift bergerak, pembacaan skala
menunjukan 50 N. Lift bergerak ke bawah dan kemudian berhenti. Bacaan pada
skala :
A.
50 N dalam
keseluruhan geraknya
B.
lebih dari
50 N ketika lift mulai bergerak, dan tetap sampai lift berhenti.
C.
lebih kecil
dari 50 N ketika lift mulai bergerak, dan tetap sampai lift berhenti.
D.
lebih dari
50 N ketika lift mulai bergerak, dan lebih kecil dari 50 N ketika lift akan
berhenti.
E.
lebih kecil
dari 50 N ketika lift mulai bergerak, dan lebih besar dari 50 N ketika lift
akan
berhenti.
18.
Gaya (f)
sebesar 12 n bekerja pada sebuah benda yang massanya m1 menyebabkan
percepatan m1 sebesar 8 ms-2. Jika f bekerja pada
benda yang bermassa m2 maka percepatan yang ditimbulkannya
adalah 2 ms-2.
Jika f bekerja pada benda yang bermassa m1 + m2, maka
percepatan benda ini adalah :
A. 1,2 ms-2
B.
1,6 ms-2
C.
2,4 ms-2
D.
3,0 ms-2
E.
3,6 ms-2
19.
Sewaktu
berada dalam lift yang diam berat Sandi adalah 500 N. percepatan gravitasi = 10
m/s2 .
Sewaktu lift dipercepat, berat sandi menjadi 750 N. dengan demikian percepatan
lift adalah :
A. 5,0 ms-2
B. 7,5 ms-2
C. 10,0 ms-2
D. 12,5 ms-2
E. 15,0 ms-2
20. Balok
A bermassa 4 kg diletakkan di ata baok B yang bermassa 6 kg. Kemudian balok B
ditarik dengan gaya F di atas lantai mendasar licin sehingga gabungan balok itu
mengalami percepatan 1,8 m/s2. Jikatiba-tiba balok A terjatuh maka berapakah
percepatan yang dialami oleh balok B saja?
A.
1 m/s2
B.
2,2 m/s2
C.
2,5 m/s2
D.
2,7 m/s2
E.
3 m/s2
Kunci Jawaban
1
|
B
|
11
|
D
|
2
|
A
|
12
|
A
|
3
|
A
|
13
|
A
|
4
|
D
|
14
|
A
|
5
|
A
|
15
|
A
|
6
|
B
|
16
|
B
|
7
|
C
|
17
|
B
|
8
|
E
|
18
|
D
|
9
|
D
|
19
|
B
|
10
|
A
|
20
|
E
|
5 komentar:
Bagus and keren 92
bagus...95
Bagus and keren 92
Kerennnn 96
95
Posting Komentar